Tuesday, October 25, 2011

Site Dementia

Ide dari tulisan ini pertama kali muncul tadi siang, saat gue sedang berbincang dengan seorang kolega melalui Gtalk. Pada percakapan tersebut, gue menyatakan bahwa kondisi psikis gue saat ini sedang tidak baik. Dari kantor gue, hanya gue yang ditugaskan ke Paiton. Dan sekarang sudah minggu ke-3 gue berada di sini.

Walau memang pada saat jam kerja, gue ketemu banyak orang di lingkungan kerja. Tapi begitu pas pulang sampe di guest house, semua berubah 180 derajat. Gue sendiri, hiburan hanya ada di TV atau dunia internet yang untungnya tersedia di guest house ini.

Space Dementia
Space Dementia (walaupun masih diperdebatkan sebagai sesuatu yang fiktif) adalah gangguan psikologis yang biasa terjadi oleh para astronot yang sedang berada di luar angkasa. Biasanya terjadi apabila astronot sudah cukup lama di luar angkasa dan melihat bumi yang penuh peradaban dapat membuat dirinya menjadi gila. Istilah Space Dementia sendiri pernah digunakan pada film Armageddon, yaitu pada saat karakter yang diperankan oleh Steve Buschemi mendadak menjadi "gila" dan menembakkan senapan mesin secara tidak beraturan. Selain itu, Space Dementia juga merupakan salah satu judul lagu dari band terkenal di Inggris, Muse.
CMIIW.

Lalu apa hubungannya Space Dementia dengan kondisi gue saat ini?

Di sini gue mungkin menggambarkan keadaan gue saat malam seperti ini, sendiri, hanya terhibur oleh televisi, internet, atau telekomunikasi verbal maupun non verbal melalui telepon genggam. Saat sedang sendiri seperti ini, apabila gue lagi ngebuka situs jejaring sosial via internet, baik itu twitter, facebook, maupun Google+, gue akan menjadi sedikit gila.



Gue merasa sedikit gila karena dari situ gue bisa melihat "peradaban" dimana gue berasal. Gue bisa melihat kegiatan orang-orang terdekat gue, namun mirisnya gue ga bisa terlibat secara langsung. Gue hanya bisa memberikan komentar via situs jejaring sosial tersebut. Keberadaan gue pada peradaban tersebut menjadi semu. Begitu juga sebaliknya, gue hanya mengikuti pada peradaban yang semu.

Mungkin memang dengan internet gue bisa tetap saling berhubungan dengan orang-orang terdekat. Tapi, bukankah sebagai manusia yang makhluk sosial tetap butuh berkomunikasi langsung dengan makhluk hidup lainnya? Sesama manusia secara umum, bersama orang-orang terdekat secara khususnya.

Keadaan gue yang seperti ini gue sebut sebagai Site Dementia. Dimana gue akan menjadi gila kalau terlalu lama berada di site, dan hanya bisa melihat peradaban dari sudut pandang yang semu.

1 comment:

Anonymous said...

Good design www.bagusaptopo.com. Offtopic: Who do you think this year will be the winner of the Champions League Cup?
skin care specialist [url=http://buyflomaxonline.com/#qlngrl]flomax 0.4[/url] penis tattooes