Sunday, September 14, 2008

Sahur itu...

Di bulan puasa ini, kesibukan gue mulai merajalela. Sumpah, banyak banget. Bukannya sok sibuk, tapi gue emang suka kecapean sendiri kalo udah kebanyakan deadline kaya gini. Alhasil, semalem sampe tadi siang gue tepar. Setelah disadari, gue juga udah lama ga buka blog gue lagi. Huaaaahhhh!

Selama bulan puasa, udah pasti tiap pagi gue harus bangun buat sahur. Di mata yang masih sepet sipit itu, gue harus makan buat isi cadangan perut gue selama sehari penuh.

Di saat-saat makan sambil mengantuk itu, gue biasanya juga sambil nonton tv. Dan salah satu acara yang menurut gue cukup "menarik" adalah salah satu acara di tv swasta yang dipandu oleh Komeng, Adul dan Olga.

Apa isi acara tersebut?
Kuis.

Yup, acara itu isinya cuman kuis dengan sponsor yang banyak banget. Tiap sesi kuis, biasanya sponsornya beda-beda. Dan para penonton dipaksakan untuk menyebut slogan dari tiap sponsor itu sebagai password untuk bisa mengikuti kuis tersebut.

Selain memberikan hadiah yang sangat mudah didapatkan apabila kita sudah tersambung ke kuis tersebut, para pembawa acara tersebut (Komeng, Adul & Olga) juga cukup memberikan hiburan yang konyol di pagi buta seperti itu.

Bercandaan mereka biasanya bisa bikin gue ketawa-ketiwi. Ngelupain ngantuk gue sejenak di pagi hari itu. Walaupun kalo mau dipikir-pikir, sebenernya bercandaan mereka sangatlah amat tidak manusiawi. Yah, itulah cerminan komedi bangsa kita saat ini.

Satu hal yang menarik dari acara tersebut adalah pertanyaan dari masing-masing kuis tersebut. Pertanyaan yang diberikan sangat mudah untuk dijawab, bahkan (mungkin) untuk anak SD sekalipun.

Salah satu pertanyaannya adalah sebagai berikut:
Lemari apa yang bisa masuk dompet?
a. Lemari Baju
b. Lemaribuan

Tentu, banyak orang tahu kalo itu adalah tebak-tebakan mudah dengan jawaban B (lemaribuan). Sungguh mudah bukan?

Hingga ada juga pertanyaan yang cukup "mendidik", seperti ini:
Jaman Jahiliyah biasa disebut juga sebagai jaman?
a. Kebaikan
b. Kebodohan

Yup, bagi yang udah tau pasti bisa menjawab dengan mudah. Yaitu, jaman kebodohan. Cukup mendidik? Tergantung bagaimana penilaian kita masing-masing.

Buat gue, setelah muncul pertanyaan itu, gue mulai menyadari sesuatu. Pertanyaan-pertanyaan yang buat gue kurang mendidik itu justru membimbing kita menjadi seonggok manusia yang tidak bertambah wawasannya. Tiap pagi, dimana otak kita masih menyerap segala sesuatunya dengan cepat, kita terus diekokin sama pertanyaan bodoh dengan jawaban bodoh pula.

Kalo udah kaya gitu, bukankah kita udah balik lagi ke jaman Jahiliyah?

7 comments:

eCHo CoLaTE said...

kata siapa tinggal nyambung? gw mencet tombol HP mulu kagak nyambung2 ke kuisnya si Olga, Komeng, Adul tuh.

yuk mampir bwt liat postingan baru gw www.echonaswable.blogspot.com

Luthfi said...

wah, dah lama nih ga posting..
Bener tuh gus, sekarang kita udah kembali ke jaman jahiliyah. dimana orang2 bodoh saling membodohi satu sama lain.
Kuis itu mah cuma tipu2 aja gw rasa.

adinda andi anas said...

ahahaha..emang bodoh sih pertanyaan2nya..tapi lumayanlah liat tingkah mereka pagi2 buta gitu,lumayan bikin melek,makan sambil ga ngantuk...

kita said...

biasanya buat nelpon gituan kan susah banget nyambungnya..??

sipa said...

gue kurang suka sama acara itu.

kurang mendidik kalo kata mama

ga ada gunanya kalo kata bapa

pembodohan kalo kata kakak

biasanya sih sipanonton ppt di sctv. tapi tu juga jarang. abis makan kebiasaaan langsung tidur

diana bochiel said...

gag nonton PPT aja?
lebih mendidik...
hehe..

cieee sibuk pacaran x ni...
ehehe...siapa tuwh yg di poto YM?

ammadis said...

Haaa...biar jahiliyah gitu ternyata kamu khan suka...? Hayoooo...?

Seharusnya Media secaggih TV gitu, mikirnya bukan profit mulu yaaa...kasi kek efek pinternya ke orang yg nonton...Ntar dah, aku bikin TV Swasta sendiri...Mo ikutan jadi investornya...????