Saturday, August 9, 2008

Guru Les Privat

Buat gue, pelajaran matematika bagaikan sakit perut menahan boker (SPMB). Apa persamaannya?

Persamaannya adalah, sama-sama menyebalkan di saat-saat awal. Tapi sama-sama melegakan di saat akhir. Jadi gini maksudnya, kalo kita lagi sakit perut itu (atau bahasa gaul Saipul Jamilnya, mules), pasti kita akan merasakan saat-saat yang menyebalkan. Apalagi kalo ga ketemu kamar mandi. Tapi sekalinya ketemu kamar mandi, pasti kita bakal seneng banget. Terus begitu udah dikeluarin, jadi lega deh.

Gitu juga matematika. Pas lagi ngerjain soalnya, pasti awalnya kita males banget. Nyebelin banget deh pokoknya. Tapi begitu ngerti rumusnya, kita bakal girang, segirang tante girang nemu gigolo. Terus pas udah nemu jawabannya, bakal lega.

Kalo dianalogiin jadi gini:
- Sakit perut = Soal matematika
- Nemu WC = Nemu rumus pemecahan
- Slese boker = Berhasil nyelesein soal

Ihiy, bisa aja gue bikin analoginya. Walaupun sedikit menjijikkan.

***

Beberapa hari yang lalu, kakak gue minta gue buat nyariin guru les privat matematika buat anaknya, Saskia. Katanya, si Saskia itu matematikanya payah. Awalnya kakak gue nyuruh gue untuk jadi guru privat itu.

"Gus, kamu mau ngajarin Saskia matematika ga? Aku bayar deh," kata kakak gue.
"Emm, berapa bayarnya?" tanya gue.
"Bayar keperluan mandi kamu aja deh."
"..."
"Gimana mau ga?" kakak gue minta kepastian.
"Aku cariin aja deh guru les privat beneran buat Saskia," jawab gue dengan pasrah.

Akhirnya, gue mulai mencari guru les privat buat Saskia. Pertama, gue nyoba tanya temen-temen gue. Apa ada yang bisa.

"Lo bisa matematika ga?" tanya gue ke salah seorang temen.
"Bisa dong, kenapa emang?" kata temen gue.
"Itu, mau jadi guru les privat buat keponakan gue?"
"Emm, dibayarnya berapa?"
"Bukan dalam bentuk uang sih, tapi nanti lo bisa foto sama gue selama setaun."
"..." temen gue langsung diare.

Gue juga ceritain masalah ini ke cewe gue, Dian.

"Duh, aku disuruh nyariin guru les privat buat Saskia nih," curhat gue.
"Les privat apa?" tanya Dian.
"Matematika."
"Ohh, aku aja kalo gitu," katanya mantap.
"Serius kamu? Kamu bisa matematika?" gue mulai excited.
"Iya, serius. Ya, nilai matematika aku sih pasti selalu sesuai standar ujian," jawabnya dengan nada serius.
"Wahh, kamu hebat," gue manggut-manggut.
Gue berpikir sebentar, akhirnya gue menyadari sesuatu, "Bentar deh, kalo sesuai standar ujian, berarti nilai kamu berkisar di angka empat dong?"
"Iya lah," jawab Dian dengan santai.
"..."
Gue ngerasa dibegoin.
Dian ngetawain gue.

Akhirnya, gue nyari di internet. Gue search di Google. Dan, akhirnya gue menemukan banyak jasa guru les privat. Salah satu yang bikin gue tertarik adalah jasa guru les privat anak-anak UI. Gue langsung menghubungi kakak gue.

"Mba, aku udah dapet tuh guru les privatnya," lapor gue.
"Ohh, serius?"
"Iya," jawab gue semangat.
"Bagus deh, kalo gitu. Tapi, aku juga udah nemu guru les privat kok, Gus," kata kakak gue tanpa dosa.

Ternyata, pencarian akan seorang guru privat untuk keponakan gue berakhir sia-sia. Gue cuman bisa berharap, supaya guru les privat Saskia adalah guru yang benar-benar mengajarkan cara penyelesaian soal-soal matematika. Bukan mengajarkan cara boker yang baik.

3 comments:

adinda andi anas said...

tapi kalo menurut gw...jauh lebih enak boker kemana2 daripada matematika.....ahuahuahauhaua

kita said...

hahaha..dasar anak matematika...

bisa aja bikin analogi kayak gitu,,,

Ucubz said...

Kalo menurut gw sih, lebih asik ngerjain soal matematika.. Lebih menantang dan lebih seru (?)
btw, salam kenal..