Monday, June 16, 2008

Betmen, itu jagoanku!

Udah seminggu lebih gue ga posting. Duuuhh, bener-bener bulan ini tuh bulan yang cukup meribetkan gue. Banyak deadline yang menghantam, 4 ujian praktikum yang bikin tepar dan bentar lagi gue harus mulai UAS.

Disamping itu, ada satu dan lain hal yang harus gue kerjakan bersama teman-teman gue. Semacem project yang cukup gede. Mudah-mudahan, hal itu bisa terealisasikan. Amin.

***

Beberapa hari yang lalu, gue baca majalan Movie Monthly. Di situ lagi ngebahas tentang film Batman yang selanjutnya: The Dark Knight.

Sumpah keren banget tuh film. Sebenernya, Batman itu emang jagoan gue dari kecil. Sampe-sampe gue dulu punya kaset lagu batman, yang nyanyiin salah satu penyanyi cilik di negeri ini.

Liriknya kalo ga salah:
Batman,
itu jagoanku.
Batman,
itu idolaku.
blah, blah, blah...

Pokoknya, Batman buat gue adalah jagoan yang paling masuk akal (selain Iron Man). Kenapa? Karena dia itu bener-bener manusia biasa yang jadi superhero cuman gara-gara dia punya modal. Maksudnya dia (Bruce Wayne) orang yang tajir. Jadi dia bisa bikin apa aja semau dia. Untungnya dia bikin gadget-gadget yang berguna buat ngalahin orang jahat, ngebantu orang yang lemah. Suatu hal yang amat sangatlah jarang dilakukan oleh orang tajir jaman sekarang. Gue udah ga sabar buat nonton Batman yang bakal liris pertengahan bulan depan (Juli).

Ada hal yang menarik dari promosi film The Dark Knight. Yaitu, marketingnya membuat banyak website yang berhubungan dengan film itu. Uniknya, website itu seakan-akan bener-bener suatu website yang dibuat oleh tokoh-tokoh yang ada di film itu.

Contohnya, www.thegothamtimes.com, yang isinya adalah versi digital dari harian yang ada di kota Gotham, yaitu The Gotham Times. Kerennya, ada website joke yang ceritanya dibuat sama joker, yaitu www.thehahahatimes.com. TheHaHaHaTimes.com itu isinya plesetan dari TheGothamTimes.com. Isinya sama, cuman itu udah dicoret-coret sama Joker. Ditambah-tambahin kata-kata yang lucu sama Joker.

Yang paling unik tapi simple ada di www.ibelieveinharveydenttoo.com. Pas dibuka websitenya pasti nampilin background item dengan cuma satu kalimat berwarna merah: Page not found. Tapi kalo semua halaman web itu di block, langsung muncul: HAHAHAHAHA. Itu buatan Joker, yang ngejek kampanye Harvey Dent di www.ibelieveinharveydent.com.

Selain empat website itu, masih ada banyak website yang seakan-akan nyata itu. Yang ngebuat orang ngebacanya seakan-akan ngerasain kalo Joker sama Batman itu bener-bener ada. Kalo mau liat yang lain, ada di sini.

Intinya, strategi promosi The Dark Knight gue bilang merupakan suatu strategi yang langka, unik juga kreatif.

3 comments:

Orang Awam said...

Wah.. itu lagu yang sering disetel ama odong2 depan rumah gw.. hahaha :D

diana bochiel said...

ih lo ga cinta produk dalam negeri..
kok betmen diidolain..GATOT KACA dong.aaaah ngaco..mengidolakan jagoan ga bakal bisa juga nyelesaiin masalah gw..(curhat colongan)

Ardho said...

wow. keren nih. baru tau gw. hehe. thanks buat infonya! ;)