Friday, April 11, 2008

Ujian Praktikum (lagi)

Baru dua hari yang lalu gue dipusingin sama yang namanya ujian praktikum Struktur Data, hari ini gue ujian praktikum lagi, kali ini mata kuliahnya: Sistem Basis Data. Nah, ketemu lagi kan sama si data. Kemaren strukturnya, sekarang sistem basisnya, besok? Mungkin besok gue ujian praktikum Organ Reproduksi Data.

Sistem Basis Data ini mata kuliah semester 4. Iye, gue ngulang lagi. Iye, gue geblek ngulang mulu. Tapi gue ganteng kok. Sumpeh de, kemaren aja dosen gue bilang gitu. Pas diabsen sama dia, dia yang bilang sendiri.
"Bagus!" kata pak dosen.
"Iya saya pak!" kata gue sambil ngangkat tangan.
"Oh kamu toh yang namanya Bagus," katanya sambil ngangguk-ngangguk.
"Iya Pak, itu saya!"
"Bagus deh, ganteng, sesuai namanya," kata dosen itu jujur.
Gue senyum mesum.
Ihiy! Sumpeh deh, beneran itu. Tanya aja anak kelas gue pas mata kuliah AOK. Dosen gue, Handi, bilang gitu. Tapi gue juga ga ngerti maksud dia bilang gue ganteng kenapa. Jangan-jangan dia homo lagi. Ahh, peduli amat. Yang penting, ada yang bilang gue ganteng di depan orang banyak. Uhuy!

Sama kayak ujian kemaren, ujian hari ini pun dengan bodohnya gue ga belajar (lagi). Gue padahal udah niat kalo mau beajar dari hari Rabu. Tapi nafsu berkata lain. Akhirnya, gue baru mulai buka bahan buat belajar pas hari kamis jam 10 malem, malem Jumat. Pas gue lagi belajar, tiba-tiba temen gue, Iqbal, nelfon.
"Napa?" kata gue pas ngangkat telfon.
"Eh Gus, udah belajar lo?" tanya Iqbal dari seberang.
"Ni baru mau mulai."
"Serius lo baru mau belajar sekarang?" tanyanya ga percaya.
"Iya," jawab gue dengan optimis.
"Mau begadang lo? Kan bahannya banyak banget."
"Hah? Banyak ya? Iya deh gue begadang," gue mulai panik sama males.
"Iya banyak banget."
"Tapi gue juga ga ada es qi el (SQL) Bal di komputer," gue mulai memelas.
"Hah? Wah parah lo! Lo mau kompail (compile) dimana?"
"Di otak gue," kata gue angkuh.
"Serah lo deh!"
Akhirnya, gue yang ga punya Microsoft SQL di komputer gue cuma baca catetan yang dikasih sama assisten lab. Ngompile di otak gue. Tapi daritadi eror mulu. Yang keluar cuman gambar Luna Maya lagi lesbian sama Terry Putri sambil dipecut Sandra Dewi.
Heehhh.

Ga nyampe satu jam, pandangan gue udah bukan ke catetan lagi. Tapi sekarang gue malah asik ceting sama temen-temen gue. Kasus yang sama kayak gue belajar Struktur Data keulang lagi. Konsentrasi gue teralihkan.
Kampret.

Gue milih tidur, terus belajar besok pagi-pagi buta. Tapi, tau gue kan ya, kalo ga tau brarti lo sekarang jadi tau. Gue baru bangun jam 10, itu pun gara-gara Nyokap gue ngasih tau kalo dia mau pergi.
Mestinya: gue langsung belajar.
Yang gue lakukan: baca koran sambil makan.
Semprul.

Akhirnya, gue baru belajar setelah solat Jumat. Itupun cuman baca-baca ga jelas. Gue belajar cuman sejam, trus langsung berangkat ke kampus. Di kampus, udah banyak temen gue yang megang catetan di tangannya. Gue cuman megang lobang idung gue, nyari upil.
"Far, pinjem catetan dong," kata gue ke Farah, temen gue.
"Nih Gus," Farah ngasih catetannya yang tebel ke gue.
Gue bolak-balik kertas catetannya Farah.
Sayur.
Banyak bener ini catetan.

Gue cuman ngeliat yang paling belakang, yang kodingannya paling aneh, yang mestinya masuk 'Ripley's: Believe it or not'. Gue pun melangkah ke depan lab, di situ udah ada temen gue, si Abud, yang waktu itu ngambil KMK bareng sama gue.
"Halo Bud!" sapa gue sambil nyengir.
"Halo Gus!" Abud nyapa balik.
"Apa kabar Bud?" gue nanya ga penting.
"Kabar buruk setelah ketemu lo," kata Abud.
Kunyuk.

Terus gue duduk di depan Abud, gue lanjutin baca-baca catetannya si Farah. Tiba-tiba ada temen gue dateng, sebut aja namanya Oneng.
"Eh, Gus, pinjem catetannya Farah dong!" kata Oneng dengan muka oon.
"Yah, Neng, gue lagi belajar, bentar ya," gue nahan catetannya Farah.
"Liat dikit aja, lo kan cuma baca yang belakang Gus."
"Oiya ya, bener juga lo Neng," kata gue sambil ngangguk guk guk.
Gue akhirnya ngerobek catetannya Farah yang paling belakang, bagian yang gue baca.
Srek.
"Bagus!" treak Farah yang kaya beruang kutub.
"Ya Far, ada apa?" tanya gue.
"Itu kenapa catetan gue dirobek?!" sang beruang kutub marah.
"Sedikit Far, kan abis ini ga lo pake lagi," gue membela diri.
"Iya, tapi kan jadi berantakan!" lanjut beruang kutub dengan mukanya yang memerah.
"Ya maap," kata gue enteng. Terus gue langsung ngasih catetannya Farah yang lain ke Oneng. Si Farah cuman ngeliat kesel ke gue. Kalo diliat, udah kayak beruang kutub pake blush on merah.

Akhirnya gue pun menjalankan ujian dengan persiapan yang cuman segede upil semut. Emang semut upilan? Upilan, gue pernah nanya kok.

Di dalem ruang ujian itu, seperti biasa, gue masang muka tetep dingin (stay cool). Ketak ketik kibor, pasang muka sok oke. Ngeliat soal, pasang muka sok ngerti. Ngeliat monitor, pasang muka sok asik. Ngeliat temen, pasang muka sok pinter. Tapi beneran gue bisa loh! Ahahahahaha!

Pas ujian slese gue ketemu sama Iqbal di depan lab.
"Eh tompel!" panggil gue sambil ngelus tompelnya yang ada di deket bibir.
"Ape?" tanyanya.
"Gimana? Bisa lo?" tanya gue dengan belagu.
"Bisa lah, lo gimana?"
"Bisa dong! Ya udah gue turun duluan ya!" kata gue sambil mau beranjak dari tempat.
"Mau kemana lo?" tanya si tompel.
"Solat, makasih sama yang di Atas," jawab gue sambil nyengir.
"Solat?" si Iqbal nanya ga percaya.
"Iya solat," kata gue meyakinkan.
"Solat?" tanya Iqbal lagi, kali ini tompelnya kembang kempis kayak idung.
"Iya,"
"Solat?" si tompel masih nanya.
"Iye kampret!" gue mulai kesel.
"Emang udah mandi wajib?"
"Oiya ya," gue baru inget.

2 comments:

Benazio R.P said...

ihihihihiiiiii ngulang lagi hehehehee kasian amat gw doain semoga cepet lulus dari binus hehehe ..

ckck blm mandi wajib ? omg hahaha ..

Galieh_neH said...

wkkk... ngakak aq baca blogmu ini.. sip dah.. gue suka gaya loe.. wkkk... keep posting..