Saturday, April 5, 2008

Naik motor itu menyenangkan! (Part 3)

3. Jack si tukang ojek: lebih dari 40 km/jam.

Kejadian ini baru terjadi 2 minggu yang lalu, pas Jakarta lagi sepi-sepinya gara-gara long weekend dari hari kamis sampe minggu. Nah kejadian ini, hari Jumatnya.

Ceritanya, gue hari itu ga ada kerjaan di rumah, sendirian pula. Emak gue pergi sama kakak gue. Gue udah bete ga ada kerjaan, maksud hati sih emang lagi pengen nyendiri nenangin diri, tapi lama-lama jadi kesepian juga. Ibaratnya kayak monyet ga bisa nemuin kutu. Ga nyambung kan? Emang.

Selesai solat Jumat, gue langsung pulang ke rumah. Baru aja nyampe rumah, tiba-tiba hape gue bunyi.
"Gus," kata suara di seberang, yaitu Nyokap gue.
"Kenapa bu?" tanya gue.
"Kamu buruan ya ke sini, ke Bintaro Plasa, cepet!"
"Kenapa emangnya Bu?" tanya gue dengan muka heran.
"Kita nonton Ayat-Ayat Cinta, katanya kamu mau nonton, ni udah Ibu beliin tiketnya."
Iye, gue nonton Ayat-Ayat Cinta, gue yang minta nonton malahan.
"Ya udah aku naek motor ke sana sekarang," jawab gue penuh semangat yang membara kayak orang ngeden pas boker.
"Ga usah naik motor! Naik angkot aja ato enggak ojek!" kata Nyokap gue ga kalah semangat.
"Hah? Kenapa emangnya? Kan cepetan aku naik motor sendiri?"
"Biar kamu pulangnya bisa bareng Ibu, udah cepet naik ojek, nanti Ibu ganti uangnya!"
"Iya," jawab gue singkat.

Kalo dipikir-pikir, bener juga kata Nyokap gue. Di hari yang panas kayak gini, mending gue naik ojek aja, trus pulangnya bareng Nyokap gue naik mobil. Daripada gue kepanggang kayak sate cacing. Udah gitu dibayarin pula ojeknya, lengkap, hari ini gue bisa menghibur diri tanpa harus mengeluarkan uang. Sungguh orang tua yang penuh pengertian.

Akhirnya gue langsung keluar rumah, jalan ke depan.
Kunyuk.
Panas bener ini. Dan dengan jeniusnya, gue pake kaos warna item pekat. Bagus, sesuai nama gue.

Gue nyampe di pangkalan ojek depan komplek gue.

"Ojek bang!" treak gue ke kumpulan ojeker (tukang ojek) yang lagi ngerubungin dua ojeker ngadu gundu.
Akhirnya salah satu ojeker yang lagi maen gundu itu jalan ke arah gue dengan muka kentang. Soalnya dia lagi mau nyentil biji gundunya (bukan bijinya sendiri atau ojeker yang lain), tapi berhubung ini giliran dia buat ngojek, jadi mau ga mau dia harus meninggalkan arena pertarungan itu.

"Kemane?" tanya ojeker itu sambil masang muka masih kentang. Kali ini kayak kentang goreng.
"Binplas bang!" jawab gue dengan muka terong.
"15rebu ya!" kata dia matok harga.
"Ceban aja de, oke?"
Dia mikir-mikir sebentar, garuk-garuk kepala, bibir komat-kamit, duduk bertapa, akhirnya mulutnya keluar busa warna ijo. Lebay ah.
Dia cuma mikir sebentar, "Iya deh," dia setuju tawaran gue.

Ahahahah!
Baru kali ini gue sukses menawar! Biasanya, mana pernah gue bisa nawar. Biasanya langsung oke aja di patokan harga yang pertama. Iye, gue geblek.

Akhirnya ojeker itu ngambil jaket kulit warna itemnya yang di gantung di pohon. Dengan jaket kulitnya itu, tubuh cekingnya jadi keliatan macho sedikit. Tapi mukanya tetep keliatan kakek-kakek, umur ga bisa nipu, begitu juga muka ojeker ini yang emang udah tua dengan rambut botak beruban.

"Kite lewat jalan belakang aje ye," katanya sambil masang helm di kepalanya.
Belakang? Dududuh! Haram! Ga boleh itu. Laknat!
"Jalan belakang?" tanya gue parno, takut disodomi.
"Iye, lewat komplek belakang, lebih cepet," jelasnya singkat.
"Ohh lewat situ, gue kira apaan," gue lega ga jadi disodomi.

Ojeker itu pun langsung naik ke motor bebeknya. Nyalain motor. Gue juga langsung naik ke atas motornya itu. Cihuy! Gue berangkat!

"Eh, kayenye kite lewat jalan biase aje ye?" katanya sambil nengok ke belakang, ke arah gue.
"Nape emang?" tanya gue yang ga tau kenapa jadi ikutan logat betawi.
"Pan sekarang hari libur, jalanan sepi, lewat situ aja ye?"
"Iyak!"

Ngeng!

Awal-awal perjalanan sih masih nyaman buat gue, angin masih semilir, sepoy-sepoy nimpe, eh nimpa muka gue. Tapi setelah masuk ke jalan raya yang gedean dikit, mulai ni ojeker tua keladi ini menambah gas motornya dengan penuh birahi layaknya nemuin daun muda perawan di depannya.

Wuss! Wuss! Wuss!
Selip sana, selip sini. Tanpa pandang bulu jembutnya, ojeker ini nyelip-nyelip angkot, mobil, sampe metromini yang ada di hadepannya. Miring kiri, miring kanan. Gue cuman bisa berharep supaya dia ga miring ngesot nyosor tanah lewat kolong bis.


"Sepi ye bang? Mobil-mobil cuman dikit!" treaknya,
"Iyeeeeeeeeee!" treak gue lebih kenceng gara-gara jantung gue mompa darah kebanyakan ke mulut gue.

Gue perhatiin spidometer motornya.
Kampret.
Dari pertama gue liat sampe 1 menit gue perhatiin, kagak pernah tu jarum turun dari garis 40. Gue serasa jadi kaya penumpang bis yang ada di film Speed. Bedanya kalo di bis itu ada bom yang bakal aktif kalo spidometer bis nunjuk di angka bawah 50. Nah, kalo keadaan gue, kalo jarum spidometer motor ini di bawah 40, mungkin si ojeker bakal langsung kecepirit kali. Persamaannya: GA ADA. Tapi gue cuman bisa ngebayangin kalo si ojeker ini layaknya Keanu Reeves yang jadi Jack di pelem Speed itu. Mereka sama-sama menjalankan tugas dengan penuh birahi, kayak abis minum pil biru dicampur viagra.

Buat ngurangin rasa parno gue, gue coba inget-inget hal yang lucu.
Ga tau kenapa, tiba-tiba gue kepikiran iklan yamaha jupiter em eksnya komeng. Gue inget bibirnya komeng klewer-klewer kaya lemak kuda nil digeter-geterin. Tu bibirnya komeng bisa kayak gitu gara-gara motornya kekencengan waktu membelah jalanan, juga angin. Motor yang gue naikin udah kenceng. Gue coba mangap. Hap!

HOEK!
Gue masuk angin.
Teori muka klewer-klewer Komeng gagal.
Mungkin gara-gara motornya bukan Yamaha Jupiter MX kali ya?
Gue ga ngiklan. Sumpah.

Akhirnya, gue tiba dengan selamat sentosa penuh nikmat tiada tara.
Fuh!
Makasih Jack, pengalaman pertama memang begitu menggoda. Selanjutnya terserah gue. Yang pasti gue ogah naek ojek lo lagi.
Kapok!

No comments: