Wednesday, December 26, 2007

Naik motor itu menyenangkan! (Part 1)

Motor. Salah satu kendaraan yang makin hari makin bertambah aja di jalanan Jakarta ini. Praktis. Gesit. Bebas macet. Dan yang pasti hemat bahan bakar, salah satu alasan kenapa sekarang banyak orang milih naek motor daripada mobil atau angkutan umum. Tapi seiring berjalannya waktu, makin lama pengguna motor makin banyak. Setiap pagi & sore, jalanan di Jakarta udah kaya jalanan yang dikerubungin semut. Parahnya, umumnya para pengguna motor tersebut ga ngerti yang namanya peraturan berlalu lintas dengan baik dan benar. Punya SIM? Nembak. Akhirnya, sekarang banyak jalan dimana motor ga boleh lewat, yang akhirnya para pengendara motor harus lebih berputar daripada mobil untuk menuju suatu tempat.

Yang mo gw ceritain sekarang ini tu pengalaman-pengalaman yang ga bisa gw lupain waktu naek motor, baik sama temen-temen gw, atau gw sendiri. Mulai dari razia polisi sampe kejebak banjir, mulai dari ngeliat Peta Jakarta sampe gunain teknologi GPS. Semua bakal gw ceritain.

1. Terjebak Dalam Banjir: Berakit-rakit pake gerobak!
Taun 2002, banjir musiman 5 taun dateng ke Jakarta. Waktu itu gw masih SMA kelas 1. Gw inget waktu itu anak sekolahan gw pada dipulangin lebih cepet, alesannya gara-gara ada isu bakalan ada badai di siang itu. Tapi nyatanya, sampe sore juga tu badai ga dateng-dateng. Nah gw bisa tau sampe sore gara-gara mestinya gw dah dipulangin jam 9, tapi berhubung waktu itu motor gw dipinjem kakak kelas gw buat cabut. Alhasil gw harus nunggu sampe dia dateng lagi (waktu itu teknologi HP blom banyak yang make, gw blom make, begitu pula kakak kelas gw). Dia ga tau kalo sekolahan dipulangin cepet, jadi gw nunggu di sekolah berdua sama temen gw, Wika.

Sampe siang sekolahan masih lumayan rame, tapi abis Dzuhur mulai sepi tu sekolahan, alhasil gw sama Wika nongkrong nungguin motor gw balik di tempat parkir sambil ditemenin satpam sekolah. Tapi emang dasarnya si Wika ga bisa diem, dia muter-muter keliling gedung sekolahan ninggalin gw berdua sama satpam. Pas balik dia bilang ke gw,
“Gus, apa gw balik bareng kakak gw aja ya?”
“Emang mana kakak lo?”, tanya gw.
Tiba-tiba dari dalem sekolahan muncul kakaknya si Wika. Gw punya feeling bakal ditinggalin sama Wika.
"Wik, jadi bareng gw ga?”, kara kakaknya Wika.
Wika rada bingung, tapi akhirnya dia bilang,
“Ga deh mba, aku bareng si Bagus aja”
Akhirnya, jadi balik bareng gw tu anak.

Jam setengah 3, akhirnya motor gw balik juga. Gw sama Wika langsung pulang. Wika yang bawa motor gw.
“Akhirnya pulang juga kita Gus!”, katanya.
“Iya Wik, dah cape gw nungguin”, bales gw.

Jalanan waktu itu ga begitu rame, lumayan lancar. Tapi, pas nyampe di deket Pasar Cipulir, tepatnya di depan LEMIGAS, gw sama Wika cuma bisa diem sejuta bahasa. Shock! Pasar Cipulir yang emang letaknya di bawah, kaya mangkok udah tergenang banjir kira-kira sepinggang orang gede. Gw bingung mo gimana ini. Gw liat banyak motor-motor nyebrang, pake gerobak. Akhirnya Wika bilang,
“Apa kita naik gerobak aja ya Gus?”
“Hah? Serius lo Wik? Aman ga?”, tanya gw.
“Serius, dah coba aja, daripada kita ga bisa pulang”.
Gw mikir sebentar, trus akhirnya,
“Ya udah de Wik, lo tanyain tu brapaan”.
Wika langsung nyamperin salah satu abang-abang pendorong gerobak yang dah stand by buat nyebrangin motor-motor. Slese negosiasi sama abang gerobak itu, Wika balik ke arah gw,
“Dua puluh rebu Gus!”
“Oke!”

Motor gw langsung dinaikin ke atas gerobaknya sama abang-abang itu.
“Trus, saya nanti duduk dimana nih bang?”, tanya gw.
“Ya duduk aja di atas motornya”, kata abang-abang itu.
Hah? Di atas gerobak? Gila apa nih abang-abang, ga oleng apa tu nanti kalo gw naek di atas motor yang dah ditaro di atas gerobak.
“Emang ga jatoh bang?”, tanya gw lagi.
“Ngga ko, banyak yang dah biasa kaya gitu”, jawabnya santai sambil ngiketin tambang di motor gw.
“Palingan kalo jatoh nyebur Gus”, kata Wika.
Sialan! Tu anak bukannya nenangin gw malah bikin gw tambah parno. Ketauan gw ga bisa renang, trus makin parno liat air banjir warna coklat yang ada arusnya. Eh malah dilebih-lebihin lagi sama omongan tu bocah satu.

Akhirnya, dengan mengumpulkan keberanian yang luar biasa, gw naek juga ke atas motor gw. Wika duduk di pinggiran gerobak, sepatu sama tasnya di taro di atas motor gw, dia nyeker. Gerobak mulai jalan, gw serasa jadi Panglima Sudirman yang di arak pake tandu waktu perang gara-gara sakit. Goyangan gerobak bikin gw rada panik, gerakannya ga statis, tiba-tiba maju, tiba-tiba brenti mendadak, suka-suka abangnya yang dorong. Gerobak mulai masuk ke dalem air bah yang berarus dan berwarna coklat. Keringet mulai ngucur di semua badan gw. Sampe setengah yang kira-kira Cuma 5 menit, kerasa kaya setengah jam buat gw. Wika ngerasa kasian ngeliat abang gerobak rada keberatan dorong gw berdua sm Wika ditambah motor gw. Akhirnya Wika turun dari gerobak.
“Eh eh eh, ngapain lo Wik?”, tanya gw.
“Gw mo bantuin abangnya dorong Gus, kasian keberatan tu dia”, jawabnya.
“Ya terserah de Wik! Gw tetep mo konsen jaga keseimbangan”, kata gw sambil terus pegangan sama stang motor, padahal ga ngaruh juga tu stang kalo ga gw pegang.

Baru aja turun dari gerobak, Wika awalnya kegirangan, dah kaya kodok nemuin air ujan, tapi ga brapa lama tiba-tiba dia diem. Gw liat mukanya yang tadinya girang tiba-tiba datar.
“Kenapa lo Wik?”, kata gw.
“Gus”
“Ya Wik? Kenapa lo? Ada belut nyelip di kolor? Di sangka nemuin anaknya kali di dalem kolor lo?”
“Gus”
“Kenapa sih Wik? Tu belut mulai nyium2? Wajar lah, kangen sama anaknya”
“Gus”
“Iyeeee! Kenape?!”
“Dompet gw ikutan nyebur di kantong celana gw!!!”
“Hahahahahahahahahahahahaha! Dasar slebor!”

Akhirnya dompet basah itu dititipin ke gw, pas sampe diujung diliat tu dompet sama Wika, untungnya ga semua isinya basah, blom begitu nyerep ke dalem banget. Abis motor gw diturunin, kita duduk sebentar, bengong. Tapi 5 menit kemudian, ga tau kenapa tiba-tiba gw sama Wika langsung aktif lagi.
“Yuk cabut Gus, gw yang bawa lg ya motornya”
“Iyee, tapi sepatu lo tuh pake dulu”
“Ah ga usah! Dah nyeker aja gw bawa motornya”
“Terserah!”

Akhirnya bisa pulang juga gw ke rumah, selama perjalanan pulang itu gw sama Wika dah kaya orang abis nemuin harta karun, ga brenti-brenti teriak, “YES! YES! YES!”


to be continued...

No comments: