Sunday, October 21, 2007

Shocking Shopping

Buat gw, lebaran itu ga perlu yg namanya beli baju baru kaya kebanyakan orang-orang. Bisa dibilang dah 2 taun belakangan gw ga pernah beli baju lebaran lg. Karena emang dasarnya gw ga suka belanja, soalnya menurut gw belanja itu adalah hal yg sangat amat membuang-buang energi. Gw sendiri heran sama wanita-wanita pencinta shopping, ko bisa-bisanya mereka sekuat itu kalo lagi belanja. Seakan-akan mereka dapet sentuhan magis di seluruh badannya buat shopping. Mata dikasi penglihatan lebih tajam buat milih barang, tangan dikasi jarak jangkau yang lebih panjang buat ngambil barang, kaki dikasi asupan lebih di betisnya buat keliling-keliling, trus yg pasti otak mereka di kasi kecerdikan lebih buat tawar menawar barang.

Pernah suatu waktu temen gw yg di negeri kangguru nitip beliin kostum timnas Indonesia yang warna merah sama yang warna putih juga, soalnya waktu itu emang lg demam Piala Asia dimana semua orang harus punya bajunya timnas Indonesia. Berhubung ga mungkin juga ya gw beliin baju yg aseli buatan nike (karena emang harga satunya 400 rebu lebih), akhirnya gw nyoba nyari di Taman Puring. Tapi gw nyadar kalo gw emang dasarnya ga bisa nawar, trus di dalem otak gw lgsg tercetus nama Fika, temen gw yg emang jago belanja. Yaiyalah, namanya juga wanita. Terus bener kan ga percuma gw bawa ni kunyuk satu, hasilnya dia bisa melakukan tawar menawar secara nyaris sempurna. Hebat. Hebat.

Nah lebaran taun ini, gw disuruh nyokap gw beli baju lebaran lg. Dengan berat hati akhirnya gw laksanakan itu amanat. Seperti biasa, gw harus ngajak si kunyuk satu itu lg buat jd asisten gw dalam berbelanja, Fika. Sekalian jalan sm temen-temen gw di tempat kebanggaan kita, PIM, gw pun mulai mencari dari toko yang satu ke toko yang lainnya, dari store yang satu ke store yang lainnya, untungnya pikiran gw masih sadar jadi ga mampir ke fudcort.

"Lo mau baju kaya apaan si Gus?", tanya Fika.
"Apa aja de, mau pake baju apa aja kan gw tetep keren", jawab gw.
"Dihhh"
"Baju batman aja kali Fik, itu kan dah cita-cita gw dari kecil supaya jadi Batman, selain jadi presiden", kata gw.
"Gus! Serius!", Fika marah.
"Oke, oke. Mmm.. Kaos lengan panjang kali Fik", gw mulai serius.
"Ya udah, kita liat di mana dulu nih?"
Gw liat butik GAP, dengan blagunya gw ajak Fika ke situ,
"Ke situ deh Fik"
"Ya udah ayo"
Setelah melihat-lihat, menimbang-nimbang, mengukur-ukur, akhirnya gw buat sebuah keputusan,
"Fik kalo gw blanja di sini, gw ga bisa beli banyak, trus nanti sisanya dikit buat hura-hura"
"Jadiiii?", tanya Fika.
"Emm.. Kalo disini biar kakak gw aja de yang beliin, sayang ah kalo pake duit sendiri. Hehe."
Akhirnya gw berdua keluar dari butik itu, trus menuju ke Zara. Di situ gw pun punya pikiran yang sama, mending kakak gw aja yang beliin kalo disini.

Gw sama Fika pindah ke PIM 1. Masuk ke Hammer. Di situ gw liat kaos lengan panjang garis-garis yg rada bikin gw tertarik.
"Eh Fik, ni lucu juga ni. Garis-garis kaya kue lapis legit!", kata gw.
"Iya tar yang dipotong badan lo buat dimakan!", kata Fika sewot.
Gw cm ngliatin tu kunyuk trus bilang,
"Muter lg de Fik!"

Rasa cape dah mulai ngampirin gw, pegel rasanya ni kaki. Trus gw inget kata seorang temen gw,
"Kalo mau beli baju itu jangan dicari, tapi diliat-liat!"
Gw langsung berpikir, bener juga ya kata-kata dia. Akhirnya gw sm asisten gw masuk k Giordano. Ngliat lagi baju lengan panjang garis-garis, tapi ga kaya lapis legit, lebih tebel garisnya. Akhirnya Fika nyaranin buat nyoba. Gw masuk ke fitting room, trus gw coba. Pas gw tunjukin ke Fika dia cm bilang iya-iya aja. Gw tau sebenernya sih dia jg mungkin dah mulai males. Trus Fika nyuruh nyoba baju lengan panjang polos warna item. Pas gw coba bukan kesan keren yang ada, yang muncul malah kesan gw kaya Satpam jaga malem. Sial!

Abis nyoba gw bilang ke Fika,
"Fik bilangin mba-mbanya gw pengen nyoba baju garis-garis yang warna coklat"
Fika akhirnya bilang, trus kata mbanya,
"Sebentar ya mba diambil dulu".
Gw duduk di sofa gara-gara kecapean, asisten gw ikutan duduk. 10 menit berlalu, baju ga dateng-dateng.
"Lama nih Fik!", kata gw.
"Iya Gus"
"Tapi kayanya gw pengen baju lapis legit yang tadi di Hammer aja de, tapi kalo kita keluar ga enak juga dah dicariin bajunya sm mbanya"
"Iya juga si Gus"
"Lo tanya deh Fik dimana ngambilnya, jangan-jangan ngambil di Arab lagi"
Emang asisten gw yang nurut, gw suruh apa aja dia mau. Hebat. Hebat.

"Mba, ngambil bajunya dimana ya?", kata Fika.
"Ohh di PIM 2 mba, tunggu sebentar lagi ya, silahkan duduk dulu, ato mau liat-liat yang lain dulu?", bales mba-mba SPG Giordano.
SHOCK!
Apa-apaan nih?! Ngambilnya di PIM 2?!
Gw langsung berdiri, Fika ngeliatin gw dengan mata yang berbicara, "Gimana gus?".
Gw diem aja sambil naikin bahu, trus gw ambil hape gw di kantong dan mulai nulis sms,
To Fika:
Fik, cabut aja yu!

Hape Fika bunyi seketika itu juga, dia baca sms dari gw. Trus dengan sikap diplomatis ala pembelanja sejati dia bilang ke mba-mba SPG,
"Mba muter-muter dulu de, nanti balik lagi"
Mba-mba SPG itu cuma bisa senyum, mungkin di dalem hatinya dia bilang, "Sialan ni cecunguk dua! Untung yang ngambil bajunya tadi temen gw bukan gw!"

Akhirnya gw beli juga tu baju Hammer yang lapis legit, pas bayar gw bilang dalem hati,
"Hah?? Udah harganya lebih murah dari GAP/ZARA trus didiskon pula?! ckckckckck..untung! untung!"
SHOP!

Ngliat sisa uang gw yg masi banyak , gw pun berpikiran buat beli sepatu Nike Ronaldinho yang menurut gw keren banget, coklat cream, simple but chic! Tapi emang dasarnya anak muda boros. Akhirnya sampe duit gw abis buat maen-maen sm beli buku-buku tu sepatu ga kebeli, musnah lah harapan gw.

No comments: