Thursday, October 11, 2007

Little Rascals: Part 1

Kali ini gw mo ceritain tentang 5 keponakan gw yg bandelnya amit-amit banget de..dosa apa ni udel gw sampe bisa dapet 5 keponakan yg bandel kaya gini..tapi gara-gara 5 keponakan gw ini, hidup gw jd lebih ceria, lebih menyenangkan, walau ga damai dan tenteram, tapi gw patut bersyukur kepada sang pencipta atas berkah 5 berandalan kecil ini..nah gara-gara 5 keponakan gw ini jg, akhirnya gw bisa sedikit merubah pandangan gw tentang anak kecil..yang tadinya tiap gw liat anak kecil bawaannya pengen gw iket, masukin dalem karung, buang ke Mariana Trench (perairan paling dalem di dunia), trus di kasi pemberat baja 50 ton! Soalnya dulu di pandangan gw, anak kecil itu cm bisa nangis, ngerengek, manja, bandel, sama ga bisa diem..tapi semenjak keponakan-keponakan gw satu-satu muncul di dunia fana ini, pandangan gw sedikit berubah..ternyata ga semua anak kecil itu cengeng, manja, dan tukang ngerengek, tapi kalo bandel sm ga bisa diem sih emang itu kayanya udah melekat di dalem diri semua anak kecil di dunia, ga kecuali anak monyet alias kunyuk..


oke kita mulai ngebahas keponakan-keponakan gw,

1. Saskia & Kinasya (Kakak beradik, beda 5 taun, anak dari kakak gw yg pertama)
Buat gw, kelahiran Saskia di tahun 1998 adalah berkah yang tiada tara, karena buat gw saat itu kehadiran Saskia di tengah-tengah keluarga gw bisa gw anggep sebagai adek gw sendiri..karena emang gw itu anak paling bontot..ga punya adek..nah pas Saskia lahir, di bayangan gw, gw bakal punya adek kecil yang bisa gw ajak maen perang-perangan, tembak-tembakan, gulat, sampe ngebakar rumah..tapi kenyataannya ga kaya gitu..seiring berjalannya waktu, ni Saskia makin lama makin bandel aja..emang dia itu lucu, tapi Masya Allah bandelnyaaaa..ckckckck..geleng-geleng kepala aja ga cukup buat ngartiin keheranan gw sm makhluk yang satu ini..anaknya ga bisa diem banget! Pernah dulu gw lg ngerjain PR sekolahan, datenglah ni kunyuk satu nyamperin gw, waktu itu dia umurnya 3,5 taun..pertama sih biasa aja..gw ga terlalu nanggepin dia..trus dia nanya, "Om Bagus lg ngapain?"
"Ngerjain PR!", jawab gw dengan sewot karena ga mau diganggu..
"Ooohh", katanya sambil tetep ngliatin gw..
trus dia ngambil pensil sama kertas..trus naro kertas itu di meja belajar gw..
"Aku mo gambar ah", katanya..
"Gih!"
trus dia mulai mengisi kertasnya dengan coretan-coretan ga jelas..trus dia nunjukin ke gw..
"Om, liat gambar aku deh", katanya..
gw liat dia cm gambar benang-benang kusut yang ga jelas..
"Apa tu?", tanya gw..
"Ini gambar bunga", katanya..
"Yee bunga mah bukan kaya gt, sini om Bagus tunjukin", gw langsung pengen sok bijak mebimbing dia menggambar bunga..langsung gw ambil kertasnya dia..eh eh eh..dia malah ga mau trus tau-tau langsung marah ke gw..
"Ahh om Bagus, aku kan pengen gambar sendiri!", Saskia langsung ngambil lagi kertasnya trus abis itu ga tau ni anak kerasukan setan monyet dari mana tiba-tiba langsung nusuk-nusukin pensilnya ke tangan gw..untung tu pensil tumpul..tapi tetep aja gw ngerasa ter-zalim-i..alhasil emosi gw yg waktu itu masih amat sangat labil tiba-tiba beraksi..gw rebut tu pensil, trus gw lempar yang jauh..apa yang terjadi selanjutnya? Saskia menangis meraung-raung kaya simba keilangan bokapnya..gw bingung, pasti gw kena marah, pengen rasanya gw bekep tu anak trus gw umpetin ke dalem lemari, tar kalo nyokap gw nanya tadi suara apa, gw tinggal bilang, "ooh itu anjing tetangga lagi ngelahirin kali bu"..tapi nyokap gw dah dateng dan hasilnya gw yang kena marah..segala macam perkataan gw dah ga didenger..hufff..

Pernah jg dulu waktu Saskia lagi diajak jalan sm kakak gw yg nomer 2, pas lg di kidz station tiba-tiba dia menuju ke bagian Barbie..denga pinternya dia langsung ngambil Barbie yang waktu itu baru keluar iklannya di tipi-tipi..trus dia ga mo lepas tu Barbie sampe nangis..alhasil, kakak gw mesti merelakan uangnya cuma buat ngebrentiin nangis buayanya Saskia..hihihihihi..kasian deh lo, mas..trus waktu itu saskia jg pernah jatoh di kamar mandi sampe kepalanya bocor..dijait lah tu kepala buletnya Saskia..gw kira kan anak kalo kepalanya dah bocor pasti jadi anak baik yang berbudi pekerti luhur gitu ya..ehhh taunya sama aja! beberapa hari kemudian tu anak dah aktif lagi! brarti teori kepala bocor itu salah..

Sekarang Saskia dah gede, dah kelas 4 SD, dan yang gw heran kayanya ada kelainan di pertumbuhan anak ini, ni anak ko nambah tingginya ga seimbang sm tambah melar badannya ya, dengan kata lain dia itu gembrot! tapi normal ko..

Tahun 2002 ada kabar menggembirakan di keluarga gw, kakak gw yang pertama hamil lagi..9 bulan kemudian, di pertengahan 2003, akhirnya lahir jg tu bayi merah yang dinamain Kinasya Alegra Putri alias Nasya..kaya kakaknya dulu, si Saskia, Nasya lahir kaya anak jepang..gw heran, kayanya kakak gw ga brenti-brenti dendam sm bossnya yang emang orang jepang..alhasil azab turun ke anak-anaknya..waktu lahir matanya sipit, trus idungnya pesek sampe ga ada tulang..ya Allah ampuni dosa-dosa kedua keponakan saya ini..amin..Nasya ini bisa dibilang keponakan yang paling deket sm gw, dari dia kecil sampe sekarang sering banget ni anak gw ajak maen sekalian gw racunin otaknya supaya ngakuin kalo gw itu emang keren..dan hasilnya ga sia-sia..sekarang tiap gw tanya, "Nas, om bagus keren ga?"..dia pasti jawabnya, "keren om"..tapi gw ga tau si dia itu ngerti arti keren yang sebenernya apa ngga, kali aja dia ngartiin kalo keren itu sebenernya suatu hal yang buruk banget, kali aja dia ngartiin kalo keren itu sama aja kaya kunyuk..duh..gawat ni..tar kalo dah gede, keponakan gw bukannya ngecakin orang malah muji orang mulu..tar kalo dia pengen ngatain orang, "Kunyuk lo!", yang ada tar dia malah bilang, "Keren lo!", nah kan yang dikatain jd ngerasa terpuji dong..gawat nih..bisa buruk reputasi gw sebagai om yang emang dasarnya suka ngecakin orang..masa keponakan sendiri ga bisa ngecakin orang..besok-besok gw suruh ngecakin orang secara HYD de, (HYD = Hinaan Yang Disempurnakan)..

Nasya ini bisa dibilang anak yang cerdas, gampang ngerti segala sesuatu dengan cepat..pernah suatu waktu, keponakan gw yg paling kecil (Naba, tar gw bahas jg), lg mo nginep di rumah gw..trus Nasya yag waktu itu lg di rumah gw jg, tiba-tiba langsung jalan sendiri ke kamar tamu cuma buat ngambilin guling kecil sama bantal kecil buat Naba..padahal waktu itu kamar tamu di rumah gw ga dinyalain lampunya..dia dengan beraninya ngambil sendiri..hebat..hal yang ga mungkin dilakuin Saskia, kakaknya, yang kalo gw takutin dikit hebohnya dah kaya babi ngepet mo ditangkep warga..

Nasya jg pernah ada bocor di dagunya..waktu itu dia lg di liburan, nah pas di hotel dia lagi maen sm kakaknya, trus tiba-tiba dia jatoh, dagunya kena tepi meja..bocor lah itu dagu, gw sempet berharep kalo teori kepala bocor ms berlaku..tapi eh tapi..pas balik ke jakarta, dia dah aktif seperti biasa..aktif kaya kunyuk nemuin pisang! Kadang gw manggil Nasya ulet keket, soalnya emang gw ngeliat dia kaya gitu..kecil trus kepalanya bulet, apalagi kalo lg tengkurep..lucu banget tu anak..hihihihihi..trus yang lucu lagi dari Nasya tu idungnya, selain pesek, idungnya itu pasti basah mulu sama keringet..jadi di ujung idungnya tiap 5 menit pasti udah ada bintik-bintik embun kerunget yang nempel, dan tiap gw nyuruh dia buat ngelap idungnya pasti dia ga langsung ngelap, tp dipegang dulu sebentar trus ngumpet-ngumpet dulu baru di lap..pake bajunya..hehehehehe..

Salah satu sifat Nasya yang bisa dibilang menurun karena pengaruh gw adalah iseng..dia paling suka ngisengin orang, mulai dari ngisengin kakanya sampe ngisengin nyokap gw jg..paling sering gini, nyokap gw lg sendirian menikmati tidur siangnya di rumah..tiba-tiba telfon bunyi..tapi langsung mati, bunyi lagi trus mati lagi..sampe 3 kali tu kaya gitu..nah yang keempat kali akhirnya muncul jg suara, suara cempreng anak kecil..
"Halo", kata nyokap gw..
"Halo ti", kata Nasya yang manggil nyokap gw Uti (katanya si artinya nenek dalam bahasa Jawa)
"Apa Nas?", tanya nyokap gw yg masih ngantuk..
"Ga apa-apa, Uti lagi apa?"
"Uti lg tidur, kenapa? Heh, dari tadi kamu ya yang nelfonin Uti?"
"Eee..Iya ti..hihihihihi..udah ya.. daaaaa", telfonnya tiba-tiba langsung dimatiin..Nyokap gw yang rada kesel diganggu tidurnya langsung nelfon balik, Nasya yang ngangkat..
"Halo", kata Nasya..
"Heh ko langsung dimatiin?!", Nyokap gw marahin..tapi denger omelan Nyokap gw Nasya langsung ninggalin telfonnya trus didiemin gitu aja..Pas Nyokap gw nunggu jawaban dari Nasya, Nasya dengan santainya malah maen-maen sambil nyanyi-nyanyi di kejauhan..

Gw jg pernah diisengin..jadi ceritanya waktu itu sore-sore gw lg tiduran di sofa ruang tengah bawah..jam segitu emang lagi jadwalnya Nasya beredar di komplek gw trus biasanya mampir ke rumah gw (rumah gw sama rumah kakak gw yang pertama cuma beda beberapa blok)..jrenggg..datenglah si Nasya ke rumah gw..waktu itu gw udah sedikit sadar kalo ada Nasya dateng, dari suara ramenya aja dah ketauan kalo dia dateng..dan gw tau dia lg nyamperin gw yang lg tidur di sofa..gw coba buka mata sedikit, ternyata bener, bocah satu ini lg ngliatin gw..gw tetep diem biar di sangka masih tidur dan akhirnya dia ga ngajak maen..tapi dia ga bisa diem gitu aja ngeliat om-nya lg dalam keadaan lemah tanpa pertahanan gt..tiba-tiba, PLAAKKKK!! Gw yang lg ga siap dengan mata tertutup merasakan di pipi gw telah mendarat dengan keras sebuah piring terbang yang terbuat dari bahan kulit dengan diameter kurang lebih 5 cm..sialan gw di tampar! trus yang bikin gw lebih kesel, si Nasya abis nampar gw langsung pergi keluar gitu aja..hadoooohhhhh...

Nah tp yang gw suka dr nasya ini, walaupun dia mgkn sedikit salah kaprah dalam hal ngecakin orang pake kata 'keren', tapi nyatanya ilmu gw jg dah sedikit menurun ke dia ko..buktinya, tiap temen gw, si Andhy dateng ke rumah, dia pasti ga bakal manggil "Om Andhy!", tapi dengan semangat dan lantangnya dia pasti bakal manggil "Om King Konggg!!!!!"..hihihihihihihi..anak yang pintar!


to be Continued...

No comments: