Monday, October 8, 2007

Pecel (baca: pisel)

Kejadian ini baru aja terjadi beberapa jam yg lalu..tepatnya seminggu setelah Lanang k rumah gw yg terakhir (Tragedi kancut!)..tanggal 8 Oktober 2007 Landek alias Lanang k rumah gw lg..kali ini dia punya alesan tepat buat dateng ke rumah gw, yaitu minjem CD Microsoft Visio..jadi kali ini dia bukan bermaksud untuk istirahat ato minta makan..ehhhh.. ga deng, dia tetep minta makan! dia kan dateng pas sore, supaya buka di rumah gw! sialan tu pendek!

nah bener kan emang ternyata dia mo numpang buka..untung hari ini Ibu Negara (nyokap) ga bikin banyak buat buka..cm nyediain gorengan, es kelapa, sm es buah..

pas buka si emang ga ada kejadian yg terlalu bodoh antara gw dengan Landek, paling cm maen toyor-toyoran sambil cela-celaan..

nah pas jam makan malem ini ni ada kejadian aneh bin ajaib bin mustahil bin titan..Ibu Negara yg hari ini ga masak apa-apa, cuma bikin sayur+bumbu pecel..trus gw d suruh goreng ayam sendiri, si Landek gw tawarin "Nang, mau ayam ga?".."ga usah gus, gw pake pecel aja", jawab Lanang..dalem hati gw mikir, "Halah, nenek-nenek makan kripik lo, SPIK!"..alhasil gw goreng lah tu 2 ayam..buat gw, goreng ayam itu sm aja kaya kita mo jinakin ranjau api d tengah padang pertempuran..tiap detik kita ga tau apa yg bakal terjadi..tiba2 bisa aja ada ledakan dahsyat yg bisa menjadi senjata biologis mematikan..ya coba aja bayangin, kalo misalnya kita lg melototin deket tu wajan, tiba2 tu minyak meledak trus muncrat ke mata kita..alhasil tu mata pasti d jamin langsung buta kan? makanya saran gw, jangan pernah sekali-kali melototin wajan yg sedang menggoreng, soalnya tu wajan sensitif banget..kaya cewe lg dapet, kalo diliatin pasti langsung nyemburin minyak panas..sama kan kaya cewe lg dapet?(buat kaum wanita maafkan saya, tolong saya jgn disiram aer keras)

saatnya makan!

menu makan malam gw hari ini:
- Ayam Goreng ala Bagus Saptopo
- Kering Tempe ala Ibu Negara

menu makan malam Lanang hari ini:
- Ayam Goreng ala Bagus Saptopo
- Sayur+Bumbu Pecel ala Ibu Negara
- Krupuk Udang ala Ibu Negara

"Kayanya ada yg kurang", pikir gw..gw trus inget perkataan Ibu Negara, "dulu tu Mas Feri (kakak gw), kastengel aja dimakan pake nasi"..nah, kayanya itu boleh dicoba! gw ambil toples kaca yg isinya kebanyakan kastengel buatan nyokap, tp yg gagalnya..bukan yg benernya..gw taro dl tu toples di meja makan..si Landek tau2 buka toples trus ngambil satu..pas makan mukanya langsung berubah..matanya merem..jidatnya mengkerut..sambil kaya ikan megap-megap..
gw tanya, "knp nang?"
"Pait gus"
"Makanya kalo ngambil tu mesti pake perasaan, di dalem toples ini tu banyak yg gagal, banyak yg gosong, tuh kan liat aja bawahnya item", kata gw sambil nunjukin salah satu kastengel yg gosong..
gw ambil satu, gw taro piring gw..Lanang ngliatin gw..sambil ketawa dia bilang, "hihihi..goblok!"
gw coba ambil nasi dicampur sm kastengel buatan nyokap..gw masukin mulut..kunyah-kunyah sebentar..
trus gw bilang ke Lanang, "enak nang! kaya pake kerupuk keju!"
"brrrrrbbbbbbb", lanang sedikit nyembur..
gw ambil satu lg..kali ini gw coba campur pake bumbu pecel di atasnya..
"wah jd mayonaise tu gus", kata lanang..
"Iya, mayonaise ala Jawa!", bales gw..
mgkn dulu waktu jaman penjajahan Belanda orang jawa dikenalin salad beserta mayonaisenya sm orang Belanda..nah terus pas Belanda dah diusir, pas kita dah merdeka, orang jawa ngerasa kehilangan mayonaise, tapi sayuran mereka tetep punya..nah akhirnya mereka berusaha berswasembada mayonaise kali ya..tapi hasilnya mungkin ga sesuai yg ada di pikiran mereka..yg jadi ternyata adalah sebuah bumbu berwarna coklat..gw ga tau ya kenapa akhirnya bumbu coklat itu bisa dinamain pecel, tapi mungkin aja jaman dl orang jawa pengen ngasi nama yg sok-sok kebule-bulean gt..trus ditulislah di kertas resepnya pecel, dimana pengucapan aslinya bukan pecel, tapi pisel (bule enough)..eh tapi mgkn emang dasarnya orang jawa pada nora kali ya (no offense, gw jg orang jawa, hidup JAWA!), jadi tu tulisan sama orang jawa yg lainnya tetep dibaca pecel bukan pisel..nah jadilah tu salad ala jawa dengan bumbu pecel, dimana aslinya mereka pengen bikin salad ala eropa dengan bumbu mayonaise..

balik ke cerita, gw coba tu kastengel dengan bumbu pecel diatasnya..hap! nyam..nyam..nyam..
"enak jg ndek!", kata gw ke Lanang..
Lanang makin heran, "dasar bocah geblek!"
"Eh gus, tp lo coba pake putri salju de", lanang mencetuskan ide baru..
"Boleh jg tu nang! gw ambil dl yak!"
gw ambil putri salju satu biji..gw taro di sendok, tuang bumbu pecel lg..makan..nyam..nyam..nyam..
"wah ini lebih enak lg! rasanya kaya coklat manis tapi ujung-ujungnya pedes! jadi kesimpulanya ini coklat pedes!", kata gw..
lanang cuma geleng-geleng, trus diem..
"gw coba jg de gus", kata Lanang yg kayanya tertarik ngliatin gw makan kaya gitu..
gw kasi lanang putri salju jg..
"tapi gus, gw mo nyoba pake kerupuk, sayur, sama bumbu pecelnya", katanya..
"Silahkan!"
di ambil kerupuk, di taro tu putri salju diatas kerupuk, ditutupin pake sayur-sayur..
"pake toge kayanya enak ni gus"
"terusin nang!", kata gw nyemangatin..
terakhir tentunya bumbu pecel ga boleh dilupain..di siram tu krupuk, putri salju, sama sayur-mayur pake bumbu pecel..di buka mulutnya yang lebar kaya mulut buaya rawa..krauk! gila! emang dasar buaya rawa! tu semua bisa langsung masuk mulut dalam satu lahapan! nyam..nyam..nyam..muka Lanang berubah lg kaya dia waktu lg makan kastengel gosongnya Ibu Negara..
"kaya apaan nang?", tanya gw..
"sialan! ga enak bgt! di tengah-tengah kerupuk ada rasa tepungnya! kampret!"
"hahahahahahahahaha", gw ngakak ngliatin reaksinya..kalo di tipi-tipi mungkin gw dah bilang "Kena deh!!"..hihihihihihihihi..
dasar buaya rawa! mang enak!

akhirnya setelah itu kita makan secara normal dengan menu yg normal juga tentunya..

3 comments:

aEro said...

Trus pas Landek makan kancut nya pake dimana??

Pas pulang Lo umpetin g?tar kangen low,hahahaha

Bagus si Raja Upil said...

kancutnya dijadiin serbet sm dia..jadi dia ngelap mulut pake kolornya..gw jg heran sm tu anak, otaknya dmn ya?

Anonymous said...

Im on IE 8, and could watch videos with no problems up until this morning at 3.00AM I wake up now and its not responding...every time I ran a virus scan, and I had one tracking cookie, which I got rid of. Can anyone help me identify and fix the problem? [url=http://gordoarsnaui.com]santoramaa[/url]