Tuesday, October 23, 2007

Kartun Benny & Mice

Tiap hari Minggu pagi, hal pertama yg gw lakuin biasanya langsung baca koran Kompas. Setelah melihat headline sebentar, biasanya gw langsung menuju ke halaman belakang, tapi bukan yang paling belakang. Di situ ada kartun strip kesukaan gw, Benny & Mice. Kartun buatan duo lulusan IKJ, Benny Rachmadi & Muh Misrad ini, udah ada sekitar 4 taun di Kompas Minggu. Mulai muncul di tahun 2003, Kartun Benny & Mice ini cukup bikin gw ketawa ketiwi di minggu pagi. Bercandaannya simple, menarik, dan lucu. Kartun ini mengangkat realita kehidupan Masyarakat Ibu Kota Jakarta ini, mulai dari tren yang lg memasyarakat, sampe cerminan kehidupan masyarakat menengah ke bawah.

Cerita yang di angkat pun ga ngebosenin dan cukup unik. Kaya contohnya, pernah satu episode lagi ngebahas masalah bahasa gaul yg lagi tren di kalangan anak muda dari taun ke taun. Dimana disitu terlihat tokoh Mice berbicara bahasa gaul yg lagi tren dari tiap masanya. Dan bahasa itu digunakan pada kondisi yg tepat. Kaya bahasa gaul tahun 2002-2004, dimana banyak orang yg lagi suka pake kata-kata "Kasiaann deh luu!". Si Benny yg digambarkan lagi sakit gigi, dan Mice yg melihat Benny lg sakit gigi langsung mengeluarkan kata-kata tersebut.

Sekarang kartun-kartun tersebut dirangkum menjadi satu buku, "Benny & Mice: Jakarta Luar Dalem". Gw seneng banget pas tau kartun-kartun tersebut dirangkum jd satu buku. Soalnya gw emang ga pernah guntingin kartun-kartun Benny & Mice di kompas Minggu. Jadi gw belilah itu buku.


Salah satu Kartun Benny & Mice

No comments: