Monday, October 29, 2007

Alkisah sebuah patung..

Waktu itu gw pernah ngisi blog fs gw dengan artikel ini:

"You know my name"
kemaren gw lewat komplek perumahan yg konon katanya isinya orang2 tajir nan borjuis semua..lebih dikenal dengan "Pondok Indah"..nah yg menarik perhatian gw, d tengah2 jalan itu banyak banget patung2 yg ga jelas fungsinya sebagai penghias ato pemisah jalan,ato malah sebagai simbol kekayaan??knp gw bilang sbg simbol kekayaan??bayangin aja di setiap patung ada nama penyumbang lengkap dengan gelarnya..salah satu contoh yg ms gw inget tu patung tentara yunani,tulisanya "Pemberian dari Ir. Karyawan M. Eng"..hey hey hey..ngapain nama lo ada d situ??maksudnya apaan??biar d kenal??ga ngaruh jg si..paling orang2 jg pada ga peduli..plg cm segelintir orang yg liat, termasuk gw ini..yah paling yg d kenal cm nama lo doang bukan tampang lo..heran..heran..
(dengan adanya patung yg "bernama" tersebut,tambah lg kesenjangan sosial d kota ini)


Waktu itu gw tulis pas gw baru aja nglewatin jalanan Pondok Indah dan ngeliat patung-patung itu berdiri dengan angkuhnya di tengah jalan. Nah, tadi temen gw si Lanang, nelfon gw. Dia cerita kalo tadi dia abis baca blog gw yg itu. Trus dia bilang ke gw,
“Gus, ko mereka ga mau nerima patung sumbangan gw ya?”
“Patung apaan Nang?”, tanya gw.
“Patung gw yg lg telanjang gt Gus, trus gw pengen naro di PIM”.
Gw diem sebentar trus gw ikutin aja omongan dia,
“Ohhh yang lo mau taro di depan lobby itu kan nang?”
“Iya Gus!”
“Yang mau lo taro di tempat parkir khusus Harley itu kan?”, tambah gw.
“Bener banget Gus!”.
Trus gw lanjutin lagi,
“Gw jg Nang, gw pengen naro patung gw yg tingginya 10 meter di basement PIM tapi mereka ga mau”.
Sekarang Lanang yang diem sebentar,
“Ga muat goblok!”
“Oiya ya Nang, bener lo”

Trus Lanang ngasi ide lagi buat naro patung,
“Gimana kalo kita taro di tengah-tengah PIM 2, trus tingginya 3 lantai, jadi bias kliatan semua”
“Iya Nang, trus t***tnya ngampleh-ngampleh ya?”, jawab gw.
“Iya-iya bener Gus, nanti ada remote control khusus gitu buat ngegerakin t***tnya”
“Iya ya, nanti pas pengunjung PIM banyak cewe-cewe cakep tu t***t bisa naek sendiri Nang”
“Wah iya tu ada semacem..”
“Detektor!”, potong gw.
“Jadi makin banyak cewenya makin naek ya Gus?”
“Iya Nang, nanti kalo isinya cewe semua tau-tau bisa keluar cairan gitu”
“Gus, gw ga bisa ngomongin itu, ada Nyokap gw di sini”, kata Lanang.
“Hahahahahaha..iya iya! Dah dah brenti! Ga baek ngomongin kaya gini!”, jawab gw.

Tapi kalo dipikir-pikir emang bener jg ya, jaman sekarang orang makin pengen diliat, makin pengen dipandang. Yang jd pertanyaan gw, setelah gw ngedengerin ceramah Solat Jumat kemaren (Alhamdulillah akhirnya gw dengerin jg), apa tindakan naro patung yang pake nama itu termasuk “Ria”? Mereka nyumbang pake nama kaya gitu tujuannya kan biar dia bias dilihat baik sama orang-orang yang lewat di jalanan itu. Yah dasar manusia jaman sekarang, makin banyak duit makin pengen diliat. Padahal pas lagi banyak duit itu seharusnya mereka “ngeliat”, bukannya malah “pengen diliat”. Dah saatnya mereka ngeliat ke bawah.

No comments: